Kualitas Otak dan Watak Dimulai dari Nutrisi yang Tepat

Sharing Moment nakita bersama Susu vidoran Xmart di Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, pagi itu ramai oleh para ibu yang datang bersama anaknya. Mereka langsung menuju booth “Lomba Foto Balita nakita” untuk unjuk gaya. Lalu, para kader Posyandu Jl. Balai Rakyat RT 008/03 yang dipimpin Ibu Sri Rahmawati mengarahkan mereka untuk menyimak sharing dari dr. Erickson Arthur dan dr. Davrina Rianda yang disampaikan bergantian.

Terkait topik “Nutrisi Penting untuk Otak & Watak Anak” dr. Erickson mengingatkan akan pentingnya pemantauan berat dan tinggi badan anak. “Jangan asal menilai, ‘Yang penting anak saya enggak kekurusan atau enggak kegemukan,’ karena pemenuhan nutrisi ini mutlak bagi otak. Bayangkan, sampai usia 1 tahun, 60 persen energi dari makanan digunakan untuk perkembangan otak,” ujarnya.

“Jika sampai terjadi kekurangan gizi, tidak akan terbentuk sambungan-sambungan pada otak yang merupakan sarana awal bagi kecerdasan dan pengembangan watak anak. Jadi, masa awal kehidupan harus diperjuangkan agar anak cerdas,” ujarnya. Bagaimana caranya? “Masih ingat prinsip 4 Sehat 5 Sempurna atau Piramida Gizi?” tanya dr.Vrina. “Artinya, setiap hari anak harus mendapat asupan yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.”

Hingga berusia 6 bulan, ASI merupakan bahan makanan terlengkap yang memenuhi kecukupan gizi bayi. Selanjutnya, susu pertumbuhan yang diperkaya dengan berbagai zat gizi tambahan sangat baik diberikan kepada anak.” “Sayangnya masih banyak anak Indonesia yang mengonsumsi susu yang kurang tepat nutrisinya” ujar Nita Novita, Product Manager Nutritional PT Tempo Scan Paci­ c, Tbk.

“Untuk itu, Susu vidoran Xmart yang dilengkapi minyak hati ikan kod atau cod liver oil hadir dengan kualitas baik dan harga terjangkau agar ada lebih banyak anak Indonesia yang dapat memperoleh manfaatnya. Minyak hati ikan kod kaya akan omega 3 yang merupakan nutrisi bagi otak,” papar Nita.

“Susu tidak perlu mahal, yang penting pilih produk yang tepat dan berkualitas,” tambahnya. Di penghujung acara, usai mengumumkan pemenang Lomba Foto Balita, Heni Wiradimaja, Editor ini Chief nakita membagi-bagikan hadiah kepada para ibu yang bisa menjawab kuis. Setelah itu, acara pun usai dengan oleh-oleh pengetahuan yang bermanfaat.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing, berikut adalah tempat terbaik untuk kursus bahasa Perancis di Jakarta  yang bisa dijadikan referensi.