Di balik kemudi, terdapat odometer dengan desain yang sporty. Di dalamnya terlihat jelas Multi Information Display (MID) yang memberikan Anda banyak informasi kendaraan. Dari MID ini, Anda bisa mengetahui jarak sisa dari kapasitas bahan bakar yang tersisa, konsumsi bahan bakar, mode transmisi, hingga trip meter yang dapat memberikan Anda informasi sudah sejauh mana mobil berjalan. Di depan odometer, yaitu setir, Anda bisa melihat tombol-tombol fungsi untuk mengakses sistem audio, menjawab panggilan telpon, dan fungsi cruise control serta speed limiter. Tombol-tombol di setir ini cukup mudah diakses oleh jari-jari Anda.

Tuas di belakangnya juga terdapat tombol akses untuk MID. Sebuah tombol start/stop engine ada di balik setir bagian kanan. Dengan mode keyless, Anda cukup menekan pedal rem dan memencet tombol “Start”, mobil akan menyala. eksterior dan fungsi keamanan Bagian luarnya juga memiliki desain yang cukup membuat penasaran bagi orang-orang di sekitarnya. Desain grill modern Tiger Nose masih menjadi unggulan produk-produk KIA. Sepasang air intake di sisi kanan dan kiri body mobil, membuat KIA Optima terlihat gagah. Optima juga sudah mengadopsi lampu belakang LED dengan desain yang dinamis.

Sementara lampu depannya sudah menggunakan Daytime Running Light (DRL). Desain bagian atasnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Di bagian depan terdapat Sunroof untuk mengantarkan udara segar ke dalam mobil. Sementara di bagian belakang terdapat panoramic view untuk penumpang di jok baris kedua. Feature lainnya yang membuat kendaraan ini menjadi smart diantaranya adalah fungsi-fungsi otomatisnya, seperti automatic wiper dan auto headlamp yang dapat menyesuaikan dengan cahaya luar.

Display kamera mundur juga menyatu dengan spion tengah. Saat transmisi ada di bagian “R”, spion tengah akan menampilkan area belakang kendaraan dengan batas-batas amannya. Walaupun bertenaga besar (mesin Theta II 2.359 cc 4-silider), KIA Optima terbilang hemat bahan bakar saat melaju di jalan raya Jakarta yang super sibuk.